Step two.

Tahap Seleksi Administrasi


Sudah semua persiapannya, lalu ?

Kamu sudah siap untuk tahap seleksi administrasi !

Buatlah akun beasiswa LPDP dan baca user manualnya (membantu banget !!). Ikuti pengisian formulir sesuai dengan panduan yang ada dan sesuai datamu. Selalu isi dengan jujur dan sesuai dengan dirimu ya, karena nantinya akan diverifikasi. Scan semua dokumen yang sudah disiapkan dan uploadlah sesuai dengan apa yang tertulis di dokumen milikmu.
Baca dengan seksama, dan pastikan email yang anda gunakan adalah email yang aktif dan jelas namanya (lebih baik menggunakan nama asli dan bukan nama-nama yang lain, apalagi nama tetanggamu atau tetangga mantan pacarmu).

Pengisian formulir LPDP ini cukup melelahkan karena banyak sekali yang harus diisi, namun tersedia fitur save. Kamu tidak harus menyelesaikannya dalam 1 hari, apabila masih ada dokumen yang kurang, kamu dapat menguploadnya lain hari asal tidak melebihi batas tanggal pendaftaran. Apabila masih ada data yang kurang, jangan klik submit terlebih dahulu karena submit tandanya kamu sudah terdaftar dan tidak dapat mengubah aplikasimu.

Seleksi administrasi, apakah sulit untuk lolos?
Sebenarnya saya nggak tahu sulit apa enggak, tapi banyak teman saya lolos semua, asal semua dokumen merupakan dokumen semuanya lengkap serta menaati peraturan pada panduan, pasti bisa lolos !

Oke, sudah saya submit semua, lalu apa yang bisa saya lakukan?
Menunggu dan berdoa. Sambil menunggu kamu bisa persiapan untuk seleksi wawancara, LGD, dan on the spot essay writing.

Perlu diingat bahwa nanti akan ada ribuan pendaftar lainnya dari seluruh Indonesia, maka MAKE SURE YOU STAND OUT! Bukan berarti pake baju heboh atau menjawab dengan suara yang terlalu keras ya ! Tapi membedakan kamu dengan ribuan pendaftar yang lain adalah kesiapanmu. Bayangkan bahwa juri akan mendengarkan jawaban dari banyak peserta untuk setiap periode. Pastikan kamu benar-benar siap menghadapi pertanyaan yang mungkin dilontarkan, dan pastikan bahwa anda akan diingat sebagai orang yang benar-benar siap dan layak untuk menerima beasiswa tersebut. 
Bacalah informasi dari berbagai sumber : Koran, buletin, blog, website universitas, dsb. 
Jika memungkinkan, carilah pula teman baru yang sudah pernah mendaftar LPDP atau beasiswa lainnya, pasti mereka telah memiliki pengalaman seleksi yang bermanfaat. Ada baiknya juga kalau kamu menyempatkan diri untuk ikut acara seminar beasiswa (ngomong-ngomong soal ini, terima kasih banget buat Gabi dan teman-teman dari Erasmus di Jogja yang sudah menyelenggarakan seminar yang bikin saya semakin semangat untuk bertualang!).


Secara garis besar, yang perlu dipelajari adalah :
  • essay anda
  • pengetahuan tentang program anda, universitas, rencana studi, rencana thesis, dan negara tujuan
  • isu yang sedang terjadi di Indonesia
      Ada beberapa hal yang perlu dipelajari lagi sih, tapi nanti saya lebih banyak bahas di blog berikutnya saja ya ! Thanks for reading !


      xx,


      T.
*

Comments

Popular Posts